Aurel Amalia
Aurel Amalia › Teknologi, Tips

on Friday, 23 November 2012

Perbedaan antara TV plasma dan LCD

Hadirnya beberapa teknologi baru telah menghasilkan beberapa jenis produk dengan taknologi yang berbeda.Namun peralatan dengan teknologi yang lebih efisienlah yang akan terus bertahan dipasaran.
Termasuk hadirnya teknologi baru pada layar televisi yaitu Layar TV LCD dan layar TV Plasma.

Perbedaan teknologi dan cara kerja layar  Plasma dan LCD.

Kedua teknologi tampilan tersebut merupakan standard teknologi display panel yang ada saat ini.Walaupun begitu diantara kedua teknologi yang diusung Plasma dan LCD tentunya ada perbedaan.
Layar TV plasma bekerja menggunakan matrix yang berasal dari gas plasma cell yang tipis.Gas plasma ini dihasilkan dari tenaga elektrik untuk membuat gambar.
Layar LCD kependekan dari Liquid Crystal display, adalah dibuat dari crystal liquid, yang dimasukkan ke dalam ruang di antara dua cermin berbentuk piringan. Gambar dalam LCD dibuat oleh Banyaknya tenaga elektrik yang diaplikasikan ke dalam crystal inilah yang akan menghasilkan gambar.

Teknologi manakah yang terbaik?...dan cocok dengan selera anda.TV plasma atau TV LCD?,berikut kelebihan dan kekurangan diantara layar TV Plasma dan LCD.
Perbedaan antara TV plasma dan LCD
IMG source: flickr

Keakuratan gambar.
Layar plasma memiliki tampilan hitam yang lebih akurat daripada LCD.Sehingga Kontras dan warna hitam pada layar plasma akan dihasilkan lebih baik dan lebih akurat daripada LCD.
LCD menggunakan teknologi yang  lebih natural, yaitu menggunakan lapisan yang bercahaya .Ini berarti LCD tidak bisa menghasilkan warna yang benar-benar hitam, karena pijaran cahaya yang ada di antara piksel akan terus ada.

Sudut pandang saat menonton.
Sudut pandangan mata terhadap layar plasma juga lebih baik daripada LCD.Walaupun seseorang melihat gambar dari berbagai sudut , akan melihat kualitas gambar dan warna yang dan tetap solid.
Kalau untuk layar LCD,pengguna akan melihat layar yang lebih terang jika melihat dari jarak yang lebih jauh.

Kualitas gambar
Ternyata layar LCD bisa memberikan resolusi dan kualitas gambar yang lebih baik daripada layar plasma.Sehingga LCD bisa menghadirkan sesuatu yang slim dan gambar yang penuh warna.Dan harganyapun lebih murah dari plasma TV. LCD memiliki jumlah piksel yang lebih padat dengan ukuran layar yang sama dengan plasma.LCD mempunyai tendensi menampilkan gambar blur, seperti yang tampil selama pergerakan pada scene yang cepat seperti pada  film atau olahraga.LCD teknologi terbaru sudah mengalami improvisasi yang sangat signifikan.Jika seseorang berniat untuk membeli TV LCD,bisa mengeceknya melalui respon piksel.Semaiki rendah respon piksel maka semakin bagus kualitas gambar saat menampilkan gerakan dalam scene yang cepat.
Keunggulan Layar plasma adalah mampu menghasilkan warna yang lebih terang daripada layar  LCD.

Konsumsi daya
Ternyata daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan layar LCD lebih hemat 30% daripada layar plasma.Disamping itu,bobot layar LCD juga lebih ringan ketimbang TV plasma, sehingga lebih mudah jika dipindahkan .

Umur pakai dan ketahanan.
Ketahana LCD lebih baik sehingga berumur pakai lebih lama daripada layar plasma.Menurut informasi yang pernah saya baca, Plasma model pertama telah kehilangan setengah efek cahaya setelah 20.000 jam lebih pemakaian. Dan LCD justru mampu bertahan lebih lama lagi yaitu sekitar 60.000 jam. Jika sebuah gambar terlalu lama tamil dilayar plasma,akan menghasilkan efek bayangan seperti layar yang terbakar.Dan bayangan dari gambar tersebut akan bertahan secara permanen.Fitur baru yang dihadirkan plasma ,screensaver namun masalah bayangan tersebut masih belum teratasi.

Jika anda ingin membeli TV yang berukuran kurang dari 50 inchi,maka pilihan yang bagus adalah TV LCD karena harganya jauh lebih murah.Namun jika ukuran layarnya lebih daripada itu, layar pasma adalah pilihan terbaik karena harganya lebih murah daripada LCD berukuran 50 inchi keatas.
Pastikan pesawat televisi  yang akan anda beli baik layar Plasma ataupun LCD sudah dilengkapi dengan digital integrated tuner agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Teknologi tidak pernah berhenti,belum lama LCD menguasai pasaran.Kini muncul lagi teknologi tampilan baru,yaitu layar LED. Seperti apa teknologi yang diusung LED,dan bagaimana perbedaan LED dan LCD?,,,.Baca: Perbedaan Monitor LED dan LCD