Aurel Amalia
Aurel Amalia › Otomotif, Tips

on Tuesday 5 March 2013

Mobil Matic atau Manual?

Dimana pada saat Anda ingin membeli mobil baru, sekarang ini akan dihadapkan oleh pilihan jenis transmisi.memilih mobil transmisi manual (Matic/MT) atau mobil transmisi otomatis (AT)??.  mana yang terbaik?...Semua tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Mengetahui perbedaan diantara keduanya itu perlu, agar bisa menentukan pilihan mobil yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Secara ringkas perbedaan diantara keduanya adalah begini: Mobil Transmisi manual menggunakan bahan bakar lebih irit dan lebih banyak kontrol yang harus dilakukan saat mengemudinya, sehingga mobil manual akan terasa kurang nyaman.
Sementara mobil transmisi otomatis (Matic) lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar, namun pengemudi hanya dihadapkan lebih sedikit kontrol terhadap mobil, dan mobil matic lebih mudah dioperasikan/dikemudikan dan lebih nyaman.


Berikut kelebihan kekurangan mobil matic dan mobil manual


Biaya

Selisih harga kedaraan jelas ada, dan tentunya lebih mahal mobil transmisi otomatis (matic) daripada mobil transmisi manual.

Pemeliharaan

Perawatan oleh mekanik pada gear box mobil matic lebih rumit dan lebih sering, dari pada perawatan untuk gear box mobil manual, sehingga biaya perawatannya lebih tinggi.
Mobil manual membutuhkan lebih sedikit servis pada transmisi, sehingga biaya perawatannya lebih murah.

Olie

Mobil dengan transmisi manual dapat digunakan menempuh ratusan kilometer tanpa masalah (tentunya kondisi mobil menentukan). Minyak Pelumas juga perlu diganti secara berkala pada mobil manual, namun mobil matic akan lebih sering mengganti pelumas. (Namun pada beberapa jenis mobil matic ada yang tanpa mengganti pelumas gear box).

Akselerasi

Anda seorang pengemudi yang suka zig-zag dan bermain akselerasi?,,ternyata mobil manual lebih cocok untuk anda.Namun pada saat jalanan macet, pengemudi mobil matic tentu akan merasa lebih nyaman daripada mobil manual.

Operasi (mengemudi)

Bagi yang sudah terbiasa dengan mobil manual, mungkin sudah hafal betul cara memperlakukan ketiga pedal dan prseneling.Namun bagi pengemudi yang baru belajar, akan lebih mudah dan lebih cepat bisa untuk menjalankan mobil matic.
Pengemudi mobil manual harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menambah dan mengurangi gigi,bagaimana cara berhenti dilampu merah yang benar dsb. Pada mobil matic tak perlu pengetahuan seperti itu, cukup mengetahui sedikit fungsi tongkat perseneling, injak rem atau gas.

Bahan Bakar

Bahan bakar mungkin hanya sedikit lebih boros pada mobil matic.Namun mobil manual juga belum tentu lebih irit, karena perilaku dan pengalaman pengemudi juga menentukan.Jika pengemudi menggunakan aturan kecepatan terhadap gigi persneling, bisa jadi manual lebih irit.

Purna Jual

Harga bekasnya pun lebih mahal mobil matic, daripada mobil manual.Namun pada harga purnajual, selisih harga tidak begitu kelihatan mencolok.

Tetap saja masing masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing.Sebagai pembeli tentunya harus memilih mobil dari segi transmisi sesuai dengan kebutuhan dan budget yag tersedia.