Aurel Amalia
Aurel Amalia › Komputer, Tips

on Thursday 28 March 2013

Pentingnya proses shutdown saat mematikan komputer

Seringkali seseorang yang terburu buru mematikan komputer secara langsung menggunakan tombol power tanpa melalui proses shutdown.Memang cara ini seolah tak berpengaruh terhadap komputer, tapi jika terlalu sering dilakukan akan beresiko tinggi mempercepat kerusakan pada komputer.
Komputer mati mendadan tanpa melalui proses shutdown juga seringkali diakibatkan oleh putusnya tegangan listrik secara mendadak, untuk itu pakailah alat pengaman (UPS).

Mengapa proses shutdown itu penting?, berikut alasannya:


1.Registrasi ulang software dan data

Pada saat proses Shutdown, komputer melakukan registrasi ulang terhadap komponen yang digunakan serta software dan data telah dipakai
atau yang di hapus.Jika komputer secara langsung dimatikan, software dan data yang telah digunakan tidak disimpan kedalam registri,
sehingga suatu saat ada masalah maka komputer tidak dapat menjalankan system restore berdasarkan tanggal dan waktu yang di tetapkan.

2.Prosesor memberi perintah kepada bios

Pada saat proses Shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan seluruh kerja komponen , sehingga arus atau daya yang dipakai akan diputus secara normal.Jika kita mematikan secara langsung maka komponen -komponen akan mati tanpa dilakukan pemutusan arus secara normal, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada komponen komputer.


3.Mendinginkan prosesor

Pada saat proses Shutdown, fan komputer akan berputar dua kali lebih cepat agar processor segera dingin, jadi kalau komputer mati secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara optimal.Saat shutdown komputer akan melakukan saving setting dan konfigurasi termasuk deleteting cached atau page file yang sudah disetting.Karena pekerjaan ini menguras resources, maka suhu processor juga akan meningkat.Akibatnya system power  akan bekerja, dan fan juga akan ikut meningkat putarannya.

4. Merefresh memori

Pada saat proses Shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh.Jika kita sering mematikan komputer secara langsung, maka kemungkinan besar memory bisa rusak.

5. Hardisk akan menyimpan data kedalam registry

Pada saat proses Shutdown, hard disk akan menyimpan data serta menyalin data komponen dan data software kedalam
registry komputer.Dan jika komputer dimatikan secara langsung, maka data komponen dan software tidak disimpan pada registry.Akibatnya, sistem operasi dan software akan error karena banyak terjadi kehilangan file/data.
Selain itu jika melalui proses shutdown, head harddisk akan kembali ke posisi awal (posisi tidak membaca hard disk).Jika komputer mati secara langsung maka posisi head hard disk masih tetap berada di tengah-tengah silinder hard disk, akibatnya pada saat komputer dihidupkan kembali dapat merusak silinder hard disk yang akan berakibat terjadi hardisk Bad sector dan lama kelamaan akan menyebabkan hard disk rusak.

Tidak bisa ditawar lagi, mematikan komputer tanpa proses shutdown dalam jangka panjang akan menyebabkan komputer cepat rusak.Dalam jangka pendek, komputer akan terasa cepat menurun kinerjanya.