Pratama
Pratama › Gadget, Teknologi, Tips

on Friday, 1 March 2013

Tips memilih Tablet Android

Android adalah OS untuk telepon pintar dan tablet yang paling populer di Indonesia dewasa ini.Jika kamu berniat untuk membeli tablet android, bisa dipastikan kamu memiliki tujuan penggunaan perangkat untuk keperluan entertainment dan multimedia.Untuk itu diperlukan kejelian untuk memilih tablet android, sehingga saat dijalankan performanya bisa memberikan kepuasan.

Karena OS Android adalah opensource, sehingga banyak sekali produsen gadget yang menawarkan tablet dengan OS android.Baik itu produsen kenamaan sampai produsen lokal, semuanya berlomba-lomba menciptakan tablet android terbaik untuk memikat hati para konsumen.Sebagai calon konsumen, kita menjadi semakin bingung untuk memilih manakah tablet android yang paling sesuai.Kalau bisa dapat harga yang paling murah , namun fiturnya mendukung kinerja yang lebih baik.

Agar tablet android yang kamu beli bisa diandalkan, berikut 6 tips memilih tablet android:

RAM, CPU dan GPU

CPU dan GPU adalah piranti yang bertugas sebagai otak yang mendukung performa dari tablet.Semakin tinggi spesifikasinya maka tablet akan semakin tangguh untuk menjalankan aplikasi aplikasi berat semacam game.Cari keluaran yang memiliki spesifikasi prosesor yang tertinggi, namun dijual dengan harga yang kamu pikir paling sesuai.Paling tidak prosesor harus sudah berada pada 1GHZ keatas, dan untuk RAM sebaiknya juga sudah 1GHZ atau lebih, karena game-game terbaru sangat membutuhkan performa tinggi dari RAM dan prosesor.

Versi Android

Semakin tinggi versinya tentu akan semakin baik kinerja yang dijanjikan,Versi lebih tinggi biasanya juga ada tambahan fitur tertentu yang tidak ditemui pada versi sebelumnya.Kalau bisa memilih tablet yang mendukung ketersediaan update untuk versi android.

Layar sentuh

Layar sentuh yang sudah menerapkan teknologi terbaru tentu lebih baik, dan yang pasti sensitifitas sentuh yang lebih baik.Kamu bisa memilih ponsel/tablet yang sudah menggunakan teknologi capacitive display.Karena layar sentuh akan selalu berhubungan dengan sentuhan bahkan gesekan, kalau perlu yang ada proteksi teknologi pelindung dari goresan.

Resolusi

Semakin tinggi resolusinya tentu semakin jernih dan tajam tampilan gambarnya.Jika resolusi kamu pikir adalah penting, tentunya juga harus dipertimbangkan.Misalnya resolusi yang sudah sangat baik untuk tablet 7 inch adalah 1.024 x 768.

Konektivitas

Khusus untuk tablet, ada beberapa type yang hanya mengandalkan Wi-fi dan tidak mendukung 3G.Kalau kamu ingin leluasa mempergunakan perangkat untuk berinternet sebaiknya mendukung untuk kedua jenis sambungan tersebut.

Baterai

Karena tablet didesain untuk penggunaan portable, memperhatikan spesifikasi baterai juga perlu.Karena jangan sampai baterainya cepat habis pada saat menjalankan game yang tergolong berat diluaran. Semakin tinggi kapasitasnya, tentu semakin tahan lama dipakai.Rata-rata tablet terbaru menawarkan baterai berkapasitas 4xxx Ah, kalau ada yang lebih boleh dilirik.