Aurel Amalia
Aurel Amalia › Otomotif, Tips

on Tuesday, 23 April 2013

Tips Modifikasi Mobil bagi Pemula

Memiliki mobil yang sesuai dengan "jiwa" merupakan kepuasan tersendiri.Untuk itulah, penggemar mobil modifikasi kian hari kian banyak saja.Bagaimanakah cara memodifikasi mobil agar pas sesuai dengan selera?, bahkan sekilas orang melihat bisa langsung "mengenali" siapa kita.

Berikut beberapa tips untuk memodifikasi mobil bagi pemula:


Menentukan tema Modifikasi

Mempunyai gambaran tentang seperti apa tema modifikasi mobil harus pertamakali ditentukan.Hal ini agar kita memiliki arah yang jelas mengenai modifikasi mobil kita, sehingga nggak bingung dan canggung untuk menerapkan modifikasinya.
Dalam hal modifikasi mobil, telah banyak dikenal berbagai macam aliran.Nah, seperti apa macam aliran modifikasi yang anda sukai?,,.saatnya anda untuk menentukan.Berikut beberapa aliran modifikasi mobil yang umum dianut diindonesia:

Aliran Modifikasi Mobil JDM
Pada dasarnya JDM (Japan Domestic Market) adalah memiliki arti dimana perangkat asli buatan jepang yang hanya dijual dijepang.Namun dalam perkembangannya, istilah JDM ini jiga dijadikan sebagai sebuah aliran mobil modifikasi. Aliran modifikasi JDM sendiri masih dibagi beberapa aliran lagi, seperti pure JDM, JDM, dan JDM style.
Pure JDM : Aliran modifikasi ini hanya mengaplikasikan semua produksi buatan Jepang original.
JDM OEM: OEM sendiri maksudnya adalah Original Equipment Manufacturer, yang artinya part asli dari pabrikan mobil maupun part hasil kerjasama dengan pabrikan, namun hanya untuk pasar lokal jepang.Contohnya, velg buatan enkei dll.jadi Aliran ini hanya mengadopsi part asli yang hanya dikeluarkan diJepang.Banyak yang berpendapat jika aliran OEM JDM adalah JDM yang sesungguhnya.
JDM Style: Aliran ini memodifikasi mobil ala aliran JDM Pure, hanya saja mereka mengaplikasikan part bukan original alias replika.Pada umumnya aliran ini diaplikasikan pada mobil yang tidak dirilis dijepang ataupun bukan mobil buatan jepang, misalnya Toyota Kijang & Avanza, Timor, Hyundai, Peugeot, BMW, dsb.

Aliran VIP
Aliran ini adalah aliran modifikasi mobil yang simpel, yang bercirikan modifikasi interior yang dibuat rapi dan elegan.Ciri lain Biasanya menggunakan ukuran velg yang besar diatas 19 inch, dan sound berlkualitas SQ adalah wajib bagi penganut modifikasi aliran VIP.

Aliran Retro
Aliran ini biasanya dianut oleh para penggemar mobil lawas.Cara mereka memodifikasi adalah dengan mengembalikan kondisi mobil menjadi seperti pada saat mobil tsb keluar dari pabrik.Dalam urusan Part, yang diutamakan adalah orisinalitas komponen yang akan diaplikasikan.Ciri lainnya adalah penggunaan warna cat yang solid dan terang, dan interior hanya menggunakan bahan standar pabrikan mobil.

Aliran D.U.B
Untuk aliran yang satu ini identik dengan prestis dan kemewahan.Pengaplikasian part pada aliran ini berciri khas warna cat yang terang, penggunaan velg yang besar antara 20-26 inch.Kadang juga ditemui pngaplikasian airbrush, namun simpel dan ciamik.Untuk urusan interior, biasanya dilapisi dengan kulit asli dan kancing kancing mirip seperti sofa.

Nah itulah beberapa aliran modifikasi, masih banyak aliran lain seperti street Racing, hellaflush dll.Sekarang tentukan aliran modifikasi apa yang cocok untuk anda dan bisa diaplikasikan pada kendaraan anda.

Menentukan anggaran

Kalau nurutin modifikasi sih nggak ada habisnya.Setelah menentukan aliran yang sesuai, sekarang berapa jumlah anggaran yang tersedia.Apa saja yang perlu dimodifikasi pada mobil anda, part apa saja yang akan diaplikasikan dan kalkulasi total pengeluarannya.Dalam hal ini anda bisa berkonsultasi kepada rekan atau komunitas yang mengerti aliran modifikasi yang akan anda anut. Bisa juga berkonsultasi kepada orang di bengkel modifikasi yang anda pilih.

Menentukan bengkel modifikasi yang sesuai untuk mobil anda

Setelah anda menentukan aliran modifikasi yang cocok bagi anda, sekarang saatnya untuk menentukan bengkel modifikasi yang sesuai. Kenapa harus sesuai?,, Karena setiap bengkel modifikasi biasanya memiliki spesialisasi aliran modifikasi sendiri-sendiri.Jadi, serahkan kepada yang benar benar ahli dibidangnya, agar hasil modifikasi mobil anda sesuai dan cocok dengan yang anda harapkan.

Bagaimana?, apakah anda sudah dapat tema yang cocok untuk anda dan mobil anda?, semoga tips modifikasi mobil untuk pemula diatas bisa membantu anda.