Pratama
Pratama › Artikel, Engineering

on Saturday, 17 May 2014

Insinyur Sipil Pioner Pembangunan

Galang Community - Selamat Pagi G-Fans ! Bertemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan update seputar dunia sipil nih. Kenapa saya membahas dunia sipil, karena saya orang teknik sipil hehe.
Tema kali ini adalah Insinyur Sipil Pioner Pembangunan.

Bangunan-bangunan megah pencakar langit, jembatan, dan jalan yang terhampar jauh hingga ujung negeri adalah sebagian kecil dari segudang karya yang dihasilkan oleh insinyur sipil. Tanpa kita sadari, banyak manfaat yang kita rasakan, seperti kemudahan dan kenyamanan yang ada pada suatu infrastruktur publik misalnya, hal ini merupakan sebagian dari penerapan ilmu-ilmu teknik sipil yang sangat kompleks.

Apabila kita perhatikan lingkungan sekitar kita, disaat kita berekreasi dengan keluarga berkunjung ke luar kota misalnya, melihat megahnya bangunan yang kokoh dan eksotik, jalan layang yang berdiri tegak menumpu ribuan kendaraan setiap harinya, lalu kemudian kita menginap di suatu hotel mewah. Mungkin pernah sesekali terbersit di dalam pikiran kita, bagaimana bangunan yang indah ini didirikan? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikannya? Bagaimana bisa seseorang melakukannya? Siapakah orang hebat yang bisa medirikan bangunan seindah ini? Mungkin pertanyaan itu tidak akan pernah terjawab apabila kita tidak pernah mau untuk menelusuri dan mencari jawabannya.

Teknik sipil merupakan cabang ilmu teknik yang berkaitan dengan infrastruktur sipil dan manajemennya. Segala hal yang berhubungan dengan bangunan, insinyur sipil ahlinya. Ilmu teknik sipil dibagi dalam beberapa bidang, seperti:

Struktur (mempelajari struktur beton, baja, dan jembatan)
Transportasi (mempelajari perencanaan transportasi, perancangan bandara, dan manajemen lalu lintas)
Rekayasa Keairan (mempelajari bangunan air, pengolahan limbah, perancangan infrastruktur keairan)
Rekayasa Manajemen Konstruksi (mempelajari segala hal tentang manajemen proyek)
Geoteknik (mempelajari stabilitas lereng, pondasi, gempa dan yang berhubungan dengan tanah)





Segala hal dipelajari secara detail dalam setiap bidangnya. Akurasi dan ketepatan dalam mengambil keputusan merupakan tuntutan pekerjaan bagi seorang insinyur sipil. Mungkin kita berfikir, apakah aku bisa menjadi seorang insinyur sipil yang hebat? Mampukah aku menjalankan pekerjaan yang beresiko tinggi?

Kita tidak akan pernah tahu jika kita tidak pernah mencoba, demikianlah pepatah mengatakan. Apabila kita selalu ragu akan diri kita, takut untuk mencoba, lalu apa yang akan kita persembahkan untuk bangsa ini? Apakah kita hanya akan duduk diam tanpa berkontribusi membangun bangsa? Maka kenali diri Anda dan dalami sesuatu yang menjadi minat dan sesuai bakat Anda.



Indonesia merupakan negara kepulauan yang sedang giat membangun. Hal ini tidak akan pernah berakhir dan akan terus berkelanjutan. Jangan ragu apabila Anda menjadi insinyur sipil yang berkompeten kelak tidak akan mendapat pekerjaan. Lapangan pekerjaan terhampar luas selama masih ada pembangunan. Namun semua itu kembali ke individu masing-masing. Akankah kita bersungguh-sungguh mengejar impian kita?

Nah bagaimana guys membaca cerita diatas ? Yuk rubah Indonesia menjadi lebih baik lagi ! Insinyur sipil harus bisa berkontribusi aktif untuk negeri ini loh guys :)