Pratama
Pratama › Artikel

on Saturday, 21 June 2014

Solusi jika Gagal masuk PTN

Galang Community - Selamat pagi Bloggers! Sudah lama saya tidak posting dikarenakan tugas kuliah yang semakin berat dirasa, tapi disela-sela kesibukan saya sempatkan untuk menulis di Blog kesayangan kita semua agar informasi selalu tersampaikan untuk kita semua.

Kali ini saya akan membahas solusi bagaimana ketika siswa SMA sederajat yang tidak lolos untuk melanjutkan ke PTN yang diinginkan. Apakah kamu akan stuck disitu, atau mencari jalan keluar? Pastinya banyak dari kita semua yang tidak putus asa sehingga kita harus mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.


Gagal masuk PTN, terus mau ngapain ?


1. Jangan beranggapan kalau masuk PTN sudah pasti sukses
PTN bukanlah satu-satunya perguruan tinggi, masih banyak PTS yang masih terbuka lebar untuk kamu yang mau menuntut ilmu. Jadi jangan putus asa ketika kamu tidak diterima di PTN, tapi berusahalah mencari jalan lain, karena di PTN belum tentu kita sukses.

2. Masuk PTS
PTS merupakan salah satu pilihan bagi kalian yang belum beruntung untuk masuk di PTN. PTS di Indonesia juga telah mencetak prestasi yang baik dibidang civitas akademika, maupun di bidang-bidang lain. Untuk itu niat harus bulat, jangan pernah menyerah dan yang penting Move ON!

3. Nunggu tahun depan
Untuk kalian yang memiliki ambisi dan tekad yang kuat untuk masuk PTN, kalian bisa mengikuti SNMPTN / SBMPTN tahun depan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan menuntut ilmu. Tidak ada yang namanya terlalu tua untuk belajar, so, selama masih ada waktu, lakukan yang kamu bisa.

4. Menjalankan Bisnis
Bagi kalian yang berjiwa bisnis besar, apabila kalian merasa PTN adalah satu-satunya jalan kalian dan kalian gagal, maka tidak ada salahnya apabila kalian menjalankan bisnis kalian. Rejeki sudah ada yang mengatur, selama kita mau berikhtiar, semuanya pasti akan ada jalannya sendiri.

5. Bekerja
Bekerja merupakan solusi terakhir bagi kalian yang merasa PTN adalah tujuan akhir kalian setelah masa masa SMA. Bekerja sesuai dengan bidang dan menggunakan Ijasah SMA bisa menjadi solusi bagi kalian semua. Selama kita tekun, kita pasti bisa mendapatkan kehidupan yang layak.

Nah diatas adalah solusi bagi siapa saja yang gagal masuk PTN. Sekali lagi, PTN bukanlah segalanya, masih banyak cara untuk menuju kesuksesan dan hidup lebih baik. Tidak ada yang menghambat kita selama kita mau berjuang, dan tak ada yang bisa memutuskan apa yang akan terjadi pada kita selanjutnya kecuali Yang Maha Kuasa. Jangan pernah menyerah dan MOVE ON dari sekarang !