Aurel Amalia

on Tuesday, 1 July 2014

4 Cara Menghemat Penggunaan Data di Android

Galang Community - Pengguna Android kadang kesal kenapa kuota internet nya cepet abis atau ga hemat. Sebenarnya hal yang menyebabkan cepat habis nya kuota internet di Android adalah kesalahan pengguna dalam memilih aplikasi yang berjalan, kegunaan widget, dan sebagainya. Kadang orang streaming di Youtube menggunakan Smartphone, dapat mempercepat penghabisan kuota / penggunaan data internet agan sekalian.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan data anda pada smartphone android anda sekalian. Berikut 4 cara yang bisa anda coba untuk menghemat kuota anda.

1. Opera Max
Opera Max akan melakukan enkripsi data dari semua aplikasi Android kamu ketika kamu terhubung dengan jaringan mobile data. Melalui Opera server maka semua data yang masuk ke Android kamu akan di kompress terlebih dahulu, termasuk melakukan kompresi pada video, foto, halaman web, dan data lainnnya. Kekurangan dari Opera Max adanya beberapa iklan tetapi itu menjadi konsekuensi menggunakan aplikasi gratis. Download Opera Max disini.


2. Onavo Extend
Aplikasi kompresi mobile data yang dapat digunakan untuk semua aplikasi di Android kamu. Berbeda dengan Opera Max, Onavo Extend tidak akan melakukan kompresi pada video. Onavo Extend merupakan salah satu cabang perusahaan dari Facebook. Download Onavo Extend disini.





3. Google Chrome Android
Dengan fitur Reduce Data Usage, tentunya akan menghemat penggunaan kuota kamu ketika browsing. Untuk menggunakannya cukup dengan masuk ke tombol Menu, pilih Settings. Kemudian pilih Bandwidth Management kemudian Reduce Data Usage diaktifkan. Download Google Chrome Android disini.



4. Opera Browser
Opera Browser ataupun Opera Mini sama-sama memiliki fitur ini. Dan fitur ini yang kemudian menjadi Opera Max. Jika kamu bingung menggunakan Opera Max, maka cara mudahnya adalah kamu menggunakan Opera Browser ini. Dengan mengaktifkan Off-Road Mode kamu dapat melakukan kompresi pada data di browser kamu. Untuk menggunakannya pilih tombol O kemudian aktifkan Off-Road mode. Download Opera Browser disini.


Aplikasi diatas sudah teruji ampuh dalam penghematan kuota internet agan sekalian. Untuk itu agan bisa mencoba satu persatu aplikasi diatas untuk membuktikannya. Semoga aplikasi diatas dapat menghemat penggunaan data di android agan sekalian.

Source : http://jalantikus.com/tips/detail/3540/4-cara-menghemat-penggunaan-data-di-android