Aurel Amalia
Aurel Amalia › Android, Smartphone

on Wednesday, 4 February 2015

Cara Mengatasi Lag pada Android dengan Seeder (ROOT)

Android agan terasa berat? Semakin banyak aplikasi yang anda instal pada perangkat android agan, akan menyebabkan banyaknya proses yang berjalan di latar belakang android agan yang mengakibatkan android agan lag atau lambat bahkan not responding dikarenakan RAM android agan penuh karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk mengatasi hal tersebut, agan bisa menutup aplikasi di belakang layar. ( Baca : Cara Menutup Aplikasi di Belakang Layar ) atau menggunakan Launcher yang ringan agar tidak membebani HH agan. ( Baca : Smart Launcher, Launcher Paling Ringan dan Responsif )

Namun bagi para Droiders yang memiliki kebutuhan dan kinerja yang ekstra seperti bermain Game, hal diatas belum cukup untuk mengatasi Lag pada Android. Nah, bagi agan yang Android nya sudah ROOT, agan bisa menggunakan cara mengatasi lag pada android yang menjadi topik kali ini. Aplikasi yang akan menghilangkan Lag pada HH agan adalah Seeder ( Khusus ROOT ) .

Seeder adalah entropy generator untuk mengurangi kemungkinan terjadinya lag pada Android. Seeder akan menjaga entropy pool dengan terus melakukan pembaruan random data (entropy). Seeder membutuhkan akses ke sistem, jadi pastikan perangkat Android Anda telah di-root.

Banyak task Android yang berjalan lebih lambat daripada seharusnya. Ini dikarenakan proses read random data (entropy) dari sumber random data (entropy pool) yang terbatas. Karena pembacaan entropy dilakukan terus menerus, ada kalanya entropy dari entropy pool akan habis. Hal itu menyebabkan semua proses read dari entropy pool membeku (freeze), dan hal ini akan kita lihat sebagai lag. Proses tidak dapat dilanjutkan sampai Linux membuat ulang entropy yang membutuhkan waktu lama. Jika Anda tidak mengerti proses ini tidak apa-apa, karena ini adalah proses Linux tingkat dewa, dan Android merupakan bagian dari Linux.


Cara Menggunakan Aplikasi Seeder untuk mengatasi Lag di Android :
1. Download Aplikasi Seeder disini Download Aplikasi Seeder via Zippyshare
2. Buka Aplikasi Seeder kemudian jika ada popup dari SuperUser anda tekan allow atau grant
3. Setting Seeder sesuai gambar diatas.
4. Klik ON pada tombol yang masih OFF ( Jika menggunakan bahasa indonesia dari Tidak Aktif menjadi Aktif )
5. Lihat pededaan Available entropy sebelum dan sesudah memakai Seeder, dan sekarang coba gunakan android agan, apakah lebih ringan dan responsif ?

Demikian cara mengatasi lag pada android menggunakan aplikasi seeder.
Ditunggu komentar dari para Droiders dibawah ini :)