Aurel Amalia
Aurel Amalia › berita

on Tuesday, 9 June 2015

6 Film Bencana Paling Spektakuler Sebelum San Andreas

Tahukah anda film-film bencana alam yang cukup menghebohkan sebelum film San Andreas?

codingator.blogspot.com,Depok Penayangan film San Andreas seolah kembali menggairahkan euforia penggemar genre bencana alam. Hal serupa pernah dirasakan pada tahun-tahun sebelumnya melalui film yang tak kalah fenomenal.

Dari berbagai judul yang ada, jelas bencana mahadahsyat menjadi tema utama. Karakter utamanya pun tak jauh-jauh dari melakukan upaya untuk bisa bertahan hidup hingga film berakhir.

Gambaran bencana gempa bumi dahsyat dalam film San Andreas mampu membuat kita merinding.
 Meskipun menyuguhkan konsep bencana alam, namun bentuk yang ditampilkan berbeda-beda. Ada yang berupa gempa bumi seperti San Andreas, ada juga yang menggali isu zaman es hingga angin puyuh.

Apa saja judul film bencana alam yang cukup menghebohkan tersebut? Berikut enam di antaranya.

1. 2012 (2009)

Tahukah anda film-film bencana alam yang cukup menghebohkan sebelum film San Andreas?
 Disutradarai ahli film bencana alam Roland Emmerich, 2012 mengangkat tema kiamat yang didasarkan oleh kalender suku Maya. Menyimak filmnya, Emmerich yang sempat sukses berkat Independence Day, Godzilla (versi 1998), dan The Day After Tomorrow, menyajikan penonton suguhan kiamat besar-besaran di seluruh belahan bumi.

Adegan awal film ini ketika satu keluarga menyelamatkan diri, terbilang dahsyat nan mustahil. Namun kisah selanjutnya dinilai cukup membosankan karena hanya berkutat di seputar bahtera modern.


2. Deep Impact (1998)

Gambaran bumi yang berantakan karena ulah meteor, terpampang cukup jelas dalam film ini. Deep Impact yang dibintangi Elijah Wood menawarkan rasa panik manusia saat mereka berusaha kabur dari terjangan meteor.

Meskipun begitu, film ini tetap memperlihatkan upaya manusia dalam mencegah bencana besar terjadi layaknya film Armageddon. Ekspresi rasa takut orang-orang dieksploitasi di sini.

3. Twister (1996)


Tema bencana alam mahadahsyat rasanya terlalu berlebihan bagi sutradara Jan de Bont. Ia pun akhirnya mengambil Twister yang mengusung konsep bencana angin puyuh dengan nuansa mencekam.

Dalam film ini, para tokoh utama tidak semata-mata berupaya untuk bertahan hidup. Mereka juga memiliki misi untuk mendokumentasikan fenomena alam berbahaya ini.

Adegan mobil yang diteror angin puyuh pun menjadi andalan Twister. Film ini sempat menjadi hits pada eranya karena teror dan rasa takut manusia diekspos secara maksimal.

4. Dante's Peak (1997)



 Mengusung bencana alam vulkanik, akting Pierce Brosnan dan Linda Hamilton dalam Dante's Peak memberikan nuansa yang mengerikan dari usaha manusia untuk kabur dari dahsyatnya gunung berapi.

Film ini secara maksimal menampilkan dahsyatnya kehancuran gedung-gedung bertingkat serta jalan raya yang amblas. Belum lagi asap gunung berapi yang menghasilkan teror mencekam.



 5. The Day After Tomorrow (2004)



 
Isu perubahan iklim menjadi tema utama dalam film ini. The Day After Tomorrow yang juga disutradarai Roland Emmerich ini, memberi gambaran dua bencana mengerikan.

Pertama, kita disuguhi oleh banjir bandang. Kedua, ternyata adanya badai raksasa membuat hampir sebagian bumi diselimuti oleh gunung es. Alhasil, manusia pun mencoba bertahan hidup di tengah kota yang sudah menyerupai daerah kutub.

6. The Impossible (2012)


 Barangkali, The Impossible adalah film bencana yang mendapat sambutan terbaik dari para kritikus. Mengusung bencana tsunami, di sini kita juga bisa menyaksikan kisah drama yang menyentuh.

Film arahan sutradara J. A. Bayona yang dibintangi Naomi Watts dan Ewan McGregor ini juga menampilkan bagaimana orang-orang harus bertahan hidup setelah diserbu tsunami yang melanda pada 2004.

Alhasil, nuansa kekeluargaan dan solidaritas sesama korban bencana yang selamat pun membuat The Impossible semakin layak untuk disaksikan para pecinta film drama keluarga.