Aurel Amalia
Aurel Amalia › Kesehatan

on Monday 8 June 2015

Manfaat dan Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang suka mengonsumsi sayur labu siam? Labu siam biasa disebut manisa, gondes, waluh, jipang, atau labu siem merupakan buah dari tanaman menjalar yang bisa tumbuh di tanah yang basah dan lembab. Labu siam memiliki ciri kulit tipis berwarna hijau, dagingnya putih pucat dan terdapat biji tipis didalamnya.
Labu siam termasuk sayur yang istimewa karena memiliki rasa yang renyah dan nikmat. Labu siam biasa diolah menjadi aneka menu masakan, antara lain : lodeh, oseng-oseng, lalapan, sambal goreng, campuran rujak uleg, dan manisan. Harga labu siam bisa dibilang cukup murah dan mudah ditemukan di tukang sayur maupun pasar tradisional. 

Kandungan Gizi Labu Siam

Meskipun harganya relatif murah, namun labu siam mengandung gizi yang luar biasa besar, diantaranya : vitamin B compleks (folat, niacin, thiamin, asam pantotenat, riboflavin, Vitamin B6), Vitamin C, dan mineral penting (zat besi, seng, fosfor, mangan, tembaga).

Manfaat Labu Siam untuk kesehatan dan Kecantikan

Besarnya kandungan gizi labu siam membuat sayuran ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan. Nah, agar lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini :

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan vitamin C dalam labu siam ampuh membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini

Baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan dan hamil

Kandungan asam folat dan vitamin dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Folat juga penting mengurangi risiko melahirkan bayi cacat dan keguguran.

Mencegah kanker usus

Kandungan serat yang tinggi dalam labu siam membantu mengikat zak karsiogenik pemicu kanker. Selain itu, kandungan antioksidan dalam labu siam juga membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Mengatasi hipertensi

Kandungan kalium dan efek diuretik dalam labu siam sangat bagus untuk menurunkan kadar garam dalam darah melalui air seni. Dengan berkurangnya darah, kerja jantung juga lebih ringan dan tekanan darah otomatis akan ikut turun.

Menormalkan asam urat

Labu siam memiliki efek diuretik sehingga baik untuk melancarkan air seni, dimana kelebihan asam urat juga ikut larut bersama air seni.

Detoksifikasi racun

Labu membantu proses detoksifikasi racun sehingga tubuh lebih sehat dan kulit juga akan terlihat lebih sehat dan terhindar dari masalah.

Menjaga kecantikan kulit

Kandungan vitamin C dalam labu siam bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Selain itu, labu siam juga memiliki zat yang bersifat anti inflamasi sehingga membantu mengatasi masalah kulit, seperti : jerawat, bintik hitam, dan kulit kasar. 
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua. Selamat mencoba!