Aurel Amalia
Aurel Amalia › Kesehatan

on Monday, 8 June 2015

Manfaat Daun Pandan

Siapa sich yang tidak tahu apa itu daun pandan? Daun yang biasanya digunakan untuk menambah aroma pada makanan dan minuman ini termasuk dalam keluarga Pandanaceae.  Pandan wangi yang mempunyai nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb ini bisa dibilang mudah dibudidayakan, terutama di daerah yang dingin dan teduh. Menanam pandan juga cukup mudah, hanya dengan memisahkan tunas baru dari rumpunnya. Cukup rajin menyiramnya setiap hari, tanaman ini bisa tumbuh subur dan bertunas lagi.
Daun pandan memiliki kandungan gizi penting, diantaranya : saponin, flavonoida, polifenol, tanin, zat warna, alkaloida. Selain mengharumkan makanan atau minuman, pandan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah luar biasa. Agar lebih jelasnya, simak manfaat luar biasa dari pandan, berikut ini :

Pewarna alami

Selain mengharumkan makanan/minuman, pandan juga bisa dijadikan sebagai pewarna hijau. Warna hijau alami dari daun pandan sangat menggoda dibandingkan pewarna sintetis. Cukup dnegan memblender pandan hingga halus, kemudian saring dan ambil airnya.

Pengharum ruangan alami

Anda alergi dengan zat kimia dalam pengharum ruangan? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan daun pandan sebagai pengharum ruangan alami. Caranya cukup mudah, potong-potong pandan, masukkan dalam kain dan letakkan di ruangan yang dikenedaki, misalnya : kamar mandi, ruang tamu, dapur, kamar tidur.

Mengusir serangga

Anda sebal dnegan kutu beras, semut, atau kecoa? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan daun pandan untuk mengusir pergi serangga menyebalkan ini. Caranya cukup iris daun ini dan letakkan pada lokasi serangga tersebut, dijamin bakal kabur dech.

Mengobati beberapa penyakit

Daun pandan juga bermanfaat mengobati beberapa penyakit, diantaranya : rematik dan pegal linu. Caranya dengan memotong pandan tipis-tipis, campur dengan minyak kelapa yang sudah didihkan terlebih dahulu, setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk memijat area yang sakit. Selain itu, daun pandan juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi, lemah syaraf, dan menambah nafsu makan. Caranya dengan merebus daun pandan wangi dan meminum air rebusannya secara teratur.

Menyehatkan dan memelihara kecantikan rambut

Daun pandan juga bermanfaat untuk membantu memelihara kecantikan rambut, diantaranya adalah : mengatasi rambut rontok, menghitamkan rambut, menghilangkan ketombe. Caranya tinggal memblender daun pandan hingga halus, kemudian diterapkan pada rambut dan kulit kepala sebagaimana penggunaan masker rambut. Diamkan beberapa menit, sebelum akhirnya dilakukan pembilasan hingga bersih.
Ternyata banyak juga ya manfaat daun pandan. Semoga informasi tentang mafaat luar biasa dari daun pandan diatas dapat menambah pengetahuan Anda.
 
Terimaksih...