Pratama
Pratama › berita

on Monday, 8 June 2015

Sofyan Djalil: Perlu secure government line untuk amankan pemerintah

Hacker. ©2015 via: Merdeka.com


codingator.blogspot.com,Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengakui jika sistem keamanan cyber dalam lembaga pemerintahan negeri ini masih tergolong rendah. Terutama, menurutnya, penggunaan email di lembaga pemerintahan.
"Kalau kami (Kemenko Perekonomian), gunakan Gmail yang komersial yang lebih aman dibanding email lembaga lainnya. Itu kan dijamin dari ancaman serangan," ujar Sofyan usai pembukaan Simposium Nasional Cybersecurity, di Hotel Borobudur, Rabu (03/06).
Sofyan pun mengusulkan agar semua lembaga pemerintah mulai menggunakan satu jaringan tunggal yang aman. Dengan menggunakan satu jaringan, menurutnya akan membuat komunikasi lembaga pemerintahan makin aman dari serangan cyber. Jaringan yang dimaksud yaitu berupa pemanfaatan frekuensi tertentu yang khusus bagi pemerintah.
"Selama ini, masing-masing lembaga pemerintah kan punya jaringan khusus yang dikelola mereka sendiri, untuk itu saya wacanakan secure goverment line. Cuma satu line kan lebih mudah dijamin keamanannya," kata dia.