Pratama

on Sunday, 12 July 2015

Menggunakan Smartphone sebagai Modem ( Tethering ) Bikin Rusak?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan yang diberkahi Allah Ta'ala ini. Kali ini mimin mau mengungkap apakah menggunakan smartphone sebagai modem (tethering) di PC maupun laptop dapat merusak smartphone itu sendiri atau tidak.





Smartphone merupakan sebuah device multifungsi yang sangat diperlukan di era teknologi sekarang ini. Keberadaan smartphone semakin mempermudah urusan manusia sekarang ini. Ternyata smartphone anda juga bisa dijadikan modem atau wi fi. Namun apakah dengan fungsi smartphone sebagai wifi atau modem dapat merusak smartphone karena kita tahu bahwa koneksi yang stabil membutuhkan tenaga yang besar pula, apalagi kita menggunakan smartphone sebagai sarananya.

Saya akan membahas satu persatu tentang pertanyaan "Apakah menggunakan smartphone sebagai modem atau wifi dapat merusak smartphone?"

Bagi anda yang belum tahu bagaimana mensetting smartphone anda sebagai wifi atau modem bisa di lihat prosedurnya dibawah ini :
A. Cara setting iOS ( iPhone Apple ) menjadi wifi atau modem
1. Buka Setting lalu ikuti petunjuk gambar dibawah





B. Cara Setting Android sebagai wifi hotspot atau modem

1. Buka Menu Setting / Pengaturan
2. Nirkabel & Jaringan (Wireless & Networks) pilih Selengkapnya (more)
3. Pilih Menambahkan & Hotspot Portable ( bisa berbeda di tiap device android tapi serupa )
4. Selanjutnya isi nama wifi password wifi anda untuk sistem keamanan pada menu Siapkan hotspot Wi-Fi
5. Aktifkan Hotspot Wi-fi dengan cara pilih Hotspot Wi-fi Portable (Portable Wi-fi Hotspot)


Nah sekarang kembali ke permasalahan, apakah dengan menggunakan android/iOS sebagai wi-fi tethering dapat merusak device? Jawabannya adalah tergantung bagaimana kita menggunakannya.

1. Suhu
Jika smartphone di letakkan pada suhu yang tinggi, maka suhu smartphone akan naik seiring penggunaan data yang ditransfer ke laptop/pc. Dengan kenaikan suhu ini dapat diperkirakan rusaknya baterai smartphone bisa terjadi. Untuk itu jika anda berniat menggunakan smartphone anda sebagai modem atau wi-fi portable maka hendaklah menggunakannya dengan meletakkan smartphone anda di suhu yang rendah seperti di lantai, atau di tempat ber AC. 
2. Lama Penggunaan
Wi-fi portable atau tethering bukanlah fungsi utama dari smartphone. Itu adalah fungsi dari modem. Maka dari itu jangan lah menggunakan smartphone sebagai modem dalam keadaan yang lama, hal ini juga akan mempengaruhi kinerja smartphone setelah digunakan sebagai wi-fi portable.

Nah, sekarang mengerti kan apakah menggunakan smartphone sebagai modem akan membuat hp/tablet anda rusak atau tidak? Itu semua tergantung sobat sendiri dalam menggunakannya. Share ke teman-teman dan sahabat mengenai informasi ini agar mereka juga mengetahuinya :)

Salam.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.