Aurel Amalia
Aurel Amalia › Blog, Informasi, Internet

on Sunday, 16 August 2015

10 Topik Blog Paling Cocok Didaftarkan Google AdSense

Sebelum berangkat membangun sebuah blog, sebaiknya terlebih dahulu Anda memikirkan topik (niche blog) pada blog atau situs Anda. Niche blog (topik blog) yang akan Anda bangun usahakan disesuaikan dengan personal branding (keunikan) yang ada pada diri Anda, termasuk skill (keterampilan), minat dan bakat. Hal-hal tersebut sangat penting agar blog Anda memiliki keunikan, variasi, dan hal berbeda dari blog pada umumnya. Point ini sangat penting nantinya di mata mesin penelusuran Google. Coba Anda perhatikan setiap judul postingan artikel di blog ini, pasti Anda akan menemukan kata kunci (keyword) pada judul bertuliskan "Google AdSense". Hal ini dilakukan semata-mata untuk memberi pembeda dari blog lainnya. Dan konten, isi blog yang unik akan menjadi pertimbangan pihak Google Inc. dalam melakukan pendaftaran Google AdSense nantinya.

Jika Anda belum mengetahui topik blog apa yang cocok untuk blog Anda sendiri, maka tugas Anda adalah membuat blog atau situs sesuai topik (niche blog)  yang dianjurkan pada tutorial kali ini. Namun, setidaknya anjuran ini adalah sangat berprospek bagi blog Anda agar dapat menghasilkan pengunjung organik yang disukai pihak Google. Berikut ini beberapa saran untuk topik blog (niche blog) yang cocok untuk didaftarkan Google AdSense.



  1. Blog Pendidikan; Topik seperti ini sangat tepat sebab kini dunia pendidikan semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pengunjung blog bertopik pendidikan umumnya sangat awam dan tidak mengenal "google AdSense", sehingga peluang untuk di klik iklan AdSensenya sangat tinggi, tentu hal ini akan mempengaruhi penghasilan AdSense Anda selama perbulan.
  2. Blog Kesehatan; Topik ini tidak kalah menarik dengan blog pendidikan. Blog dengan topik kesehatan sangat tepat, sebab setiap waktu banyak orang yang mengalami sakit secara fisik sehingga banyak dari mereka yang mengakses internet untuk mendapatkan info seputar cara menyembuhkan penyakit yang dialami. Blog kesehatan dapat berisi tentang cara untuk menyembuhkan sejumlah penyakit tertentu, dosis pemakaian obat yang dianjurkan dokter, pembahasan seputar tentang pengobatan alami/herbal, dan lain sebagainya).
  3. Blog Tutorial Internet (SEO, bisnis internet, dan lainnya); Niche blog seperti ini banyak digemari terutama untuk para blogger yang ahli di bidang internet marketting, pengelolaan situs website atau blog atau mengoptimalisasikan SEO sebuah situs website, dan lain sebagainya. Prospek (peluang) blog dengan topik tutorial internet banyak diburu oleh haters dunia internet yang ingin mendapatkan tutorial seputar internet.
  4. Blog Tempat Wisata dan Kuliner; Topik ini juga dapat Anda coba ! Ingat bahwa orang jaman sekarang sangat menyukai bermain dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di seluruh penjuru dunia, termasuk wisata alam Indonesia dengan panorama dan destinasi yang begitu indah dan menakjubkan. Tak ada salahnya jika blog Anda memiliki topik ini untuk didaftarkan ke Google AdSense nantinya. Sementara itu, topik kuliner juga sangat bagus. Kini, orang-orang sangat senang untuk mencicipi menu masakan baru di setiap daerah-daerah dan peluang Anda untuk mendapatkan klik AdSense sangat tinggi.
  5. Blog Seputar Lingkungan Hidup, Alam dan Pemandangan; Anda juga dapat menggunakan topik blog seputar lingkungan hidup, alam, dan pemandangan. Blog seperti ini sangat disukai oleh kaum pendidikan terutama yang bergelut dalam profesi kehutanan, pertanian, ahli lingkungan hidup, dan orang-orang yang mencintai alam termasuk kesatuan ekosistem flora dan fauna di suatu tempat tertentu.
  6. Blog Membahas Gadget dan perangkatnya; Topik ini sangat digemari dengan alasan kini banyak orang yang menggunakan gadget (perangkat handphone, smarthphone, android, laptop, dan sejenisnya). Kebanyakan mereka di awal sangat sulit bahkan membutuhkan banyak tutorial untuk mengakses dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mereka tidak ketahui. Tentu solusi mereka untuk memperbaiki kesalahan mereka adalah dengan mengakses situs internet yang membahas tentang gadget. Peluang blog dengan topik seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan otoritas blog dan pengunjung. 
  7. Blog Membahas Seputar Rumah dan Aksesorisnya; Kini banyak sekali aksesoris dan jenis-jenis rumah serta tipenya. Anda bisa memanfaatkan topik ini untuk mendulang banyak pengunjung. Sebab topik ini sangat berprospek untuk diterima Google AdSense.
  8. Blog Membahas Seputar Elektronik dan Mesin;  Kaum pelajar, montir dan tukang bengkel atau dealer kendaraan biasanya membutuhkan tutorial khusus melalui internet seputar mesin dan elektronik. Caranya mereka mengakses internet langsung dari gadget Anda sendiri. Maka dari itu sebaiknya topik ini bisa menjadi alternatif untuk dikembangkan dalam blog atau situs Anda tersebut.
  9. Blog Membahas Seputar Komputer; Topik ini jika dibahas tidak akan ada habis-habisnya. Tpik ini juga berpeluang menaikan penghasilan Google AdSense Anda. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri,
  10. Blog Membahas Tentang Motivasi Kehidupan; Kini banyak orang yang mengalami sakit hati, patah hati, atau permasalahan sosial lainnya. Kebanyakan mereka mengakses internet untuk mencari solusi dari setiap permasalahnya tersebut. Jika Anda dapat membuat ruang motivasi melalui tulisan di dalam blog kemudian dibaca oleh ribuan orang yang membutuhkan saran dan motivasi Anda tersebut, maka peluang Anda untuk menjadi mitra Google AdSense yang sukses akan terwujud. Tinggal bagaimana cara Anda untuk memonetisasi konten pada halaman atau konten blog Anda tersebut.
Setidaknya 10 topik blog (niche blog) di atas sudah mewakili dari sekian banyak topik yang dipilih oleh para pengelola blog/situs di seluruh penjuru dunia. Selanjutnya, jika Anda sudah yakin dan mampu untuk mengerjakan (action)  sesuai dengan selera atau topik yang Anda tentukan, maka tugas Anda adalah konsisten dan mempertahankan ketekunan Anda untuk mulai mengisi artikel postingan di dalam blog atau situs kesayangan Anda tersebut. Rekomendasi: Sebaiknya situs jangan terlalu diburu-buru untuk didaftarkan ke Google AdSense. Beberapa artikel di blog lain yang pernah dikunjungi menyebutkan bahwa usia blog baru 15 hari, 30 hari, atau sekurang-kurangnya di bawah 40 hari akan mudah diterima oleh pihak Google AdSense ketika melakukan pendaftaran, sementara artikelnya masih berkisar 10-50 artikel? Ini logika yang tidak mungkin ! Sesuai Kebijakan Program AdSense, blog yang hendak didaftarkan ke program iklan AdSense haruslah blog yang memiliki kualitas konten memadai, konten sudah berusia hingga 6 bulan (meskipun di Indonesia tidak mengharuskan usia blog 6 bulan). Tapi disarankan untuk mendaftar Google AdSense untuk blog berplatform TDL usia blog 3 bulan rata-rata sudah dapat didaftarkan, namun khusus pengelola situs blogspot.com, jangan terlalu terburu-buru untuk mengejar dolar dari Google, sementara artikel tulisan masih miskin. Sebaiknya Anda fokuskan terlebih dahulu untuk memperkaya isi/konten artikel di dalam blog Anda. Ingat banyaknya jumlah konten dan pengunjung adalah sasaran tepat blog Anda untuk mudah diterima Google AdSense, ditambah lagi kekonsistenan Anda untuk menulis sesuai topik pada blog Anda tersebut.
Demikian tutorial terkait dengan judul "10 Niche Blog Paling Cocok Didaftarkan Google AdSense", semoga bermanfaat,. Jika ada pertanyaan dan diskusi, silahkan isi menu komentar sekaligus ajang untuk saling sharing dan berbagi pengalaman AdSense selama ini. Terimakasih.