Aurel Amalia
Aurel Amalia › Android, Informasi

on Wednesday, 26 August 2015

3 Penyebab Android Lemot yang Biasanya Tidak Kamu Disadari



Mobindoz Blog - HP Android tiba-tiba lemot padahal sedang sangat dibutuhkan? Hal ini menjadi sangat menyebalkan tentunya. HP Android lemot ketika buka beberapa aplikasi sekaligus atau sedang menjalankan sebuah aplikasi dan game dengan penggunaan yang cukup lama. Ketika Android kamu lemot, pasti yang terpikirkan pertama kali adalah banyaknya aplikasi yang terinstal dan ingin menghapus aplikasi tersebut. Tetapi tunggu dulu, ada beberapa penyebab Android jadi lemot yang biasanya tidak disadari. Apa sajakah itu?
3 Penyebab Android Lemot yang Biasanya Tidak Kamu Disadari
1. Tidak Upgrade Sistem Operasi versi Baru
Salah satu masalah Android jadi lemot yang biasanya tidak disadari pengguna Android yaitu tidak upgrade ke Android versi baru. Masalah kenapa tidak upgrade ke Android versi baru ada yang karena hp Android miliknya tidak mendukung karena sudah jadul, ada yang tidak punya kuota internet untuk download upgrade OS Android dan ada yang tidak menyadari ada upgrade Android untuk hp Android miliknya karena diatur untuk tidak otomatis download.


Hal ini bisa mengakibatkan Android kamu lemot karena banyak aplikasi di-updatedengan mengadaptasi sistem operasi baru dan kemungkinan tidak lagi stabil di OS Android versi lama, akibatnya Android menjadi lemot dan bahkan tidak bisa buka aplikasi tersebut dengan sempurna.

2. Kapasitas RAM yang digunakan

Pastinya pada menyadari mengapa rata-rata Android sekarang ini menggunakan RAM 4 GB, hal ini dikarenakan banyaknya keluhan Android lambat karena RAM yang tidak bisa mendukung banyaknya aktifitas yang dilakukan di Android.

Untuk menjalankan sistem saja rata-rata Android menggunakan 50-60% RAM, jadi kebayang bagaimana beratnya RAM yang berkapasitas kecil tetapi membuka banyak aplikasi atau digunakan untuk multitasking?

3. Masalah Memori Eksternal

Biasanya pengguna Android memiliki ekspektasi kalau menggunakan memori eksternal dan memindahkan file dan aplikasi kesana maka Androidnya tidak lagi lemot, tetapi biasanya juga banyak yang tidak memperhatikan class dari microSD hanya melihat seberapa besar kapasitas microSD tersebut.

Sebaiknya gunakan microSD class 10, karena kecepatan readdan write sangat memengaruhi performance Android ketika menggunakan microSD. Android lemot karena microSD, sebaiknya ganti ke microSD class10. Perhatikan class dari microSD karena berguna juga ketika menginstal aplikasi di microSD menggunakan LinktoSD.
Tiga penyebab Android lemot di atas biasanya tidak disadari, jadi ketika Android kamu lemot coba perhatikan salah satu dari tiga penyebab tersebut. Selamat mencoba. [View]