Pratama
Pratama › Gadget, Security

on Wednesday, 19 August 2015

BBM Diklaim Lebih Private Dibanding WhatsApp

(Source: nextpowerup.com)
Rakit Gadget - Di era serba online seperti saat ini, banyak celah yang memungkinkan oknum tertentu untuk meretas (hacking) apapun, seperti perangkat mobile, komputer, hingga layanan instant messaging.

Bagi Nader Henein, Direktur Security BlackBerry, layanan BlackBerry Messenger (BBM) dinilai lebih private dibandingkan layanan serupa, misalnya WhatsApp.

Kedua layanan tersebut tentu sudah akrab di telinga masyarakat, mengingat pengguna seluler lebih doyan mengirimkan chat ketimbang pesan singkat (SMS) saat ini.

Meski sama, kedua layanan ini memiliki cara berbeda untuk menambahkan teman atau kontak. Lalu di mana letak privasinya?

"BBM memakai Personal Identification Number/PIN untuk berteman, sedangkan WhatsApp memakai nomor telepon. Artinya, pengguna BBM bisa membatasi orang dalam daftar kontaknya," ujar Henein yang ditemui di acara Media Briefing BlackBerry Enterprise Service, Rabu (19/8/2015).

Henein berujar, ketika pengguna mengirimkan pesan melalui internet, pesan itu akan dikirimkan secara acak ke server. Ini yang membuatnya tidak memiliki celah untuk diretas.

BlackBerry bahkan tengah menyiapkan solusi bernama BBM Protected untuk memproteksi pengguna layanan dari celah hacker. Menurut Henein, solusi ini memiliki tingkat keamanan selevel untuk militer. (Source)