Aurel Amalia
Aurel Amalia › Gadget

on Saturday, 22 August 2015

Di Masa Depan, Ngecas Ponsel Cuma Butuh 6 Menit Saja

Rakit Gadget - Mustahil kedengarannya jika ponsel kesayangan Anda bisa terisi penuh dalam waktu super cepat ketika sedang di-charge.

Namun, keinginan tersebut akan segera diwujudkan oleh sebuah penelitian baru dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Mereka telah menemukan sebuah terobosan proses charging smartphone dalam waktu yang terbilang sangat singkat.

Menurut informasi yang dilansir Mirror, Sabtu (22/8/2015), tim peneliti proyek `super fast charging` tersebut telah membuat penemuan yang diberi nama "Yolk and Shell".

Penemuan ini diklaim dapat membuat proses pengecasan ponsel menjadi sangat cepat dari 0 sampai penuh hanya dalam waktu enam (6) menit saja.

Menariknya lagi, tak hanya mengusung teknologi pengecasan super cepat, terobosan ini juga dapat membuat kapasitas baterai lithium ion smartphone dan tablet meningkat tiga kali lipat. Ini artinya, Anda tak perlu khawatir lagi membawa ponsel Anda kemana pun tanpa mengecas ponsel selama dua hari lamanya.
Teknologi Yolk and Shell yang diklaim akan mempercepat proses pengisian baterai hanya dalam waktu enam menit saja (mirror.co.uk)
Teknologi Yolk and Shell ini menggunakan proses nanopartikel yang nantinya menempel di titanium dioxide (Shell) dan Aluminium (Yolk) sehingga dapat memperpanjang daya hidup baterai tanpa perlu di-charge selama dua hari.

"Partikel yolk-shell ini menunjukkan kemampuan yang mengesankan selama diuji coba di laboratorium," kata David Lou, Profesor Teknik Kimia dan Biomolekular di Nanyang Technological University, Singapore yang juga terjun langsung ke proyek usungan MIT ini.

"Setelah diuji, poin terpenting dan menarik dalam proses pengujian baterai ini adalah prosesnya begitu mudah dan sederhana," tambahnya.

Teknologi ini masih dalam masa pengembangan lebih lanjut. Masih belum diungkap kapan teknologi ini akan rampung, yang jelas masa depan akan menjanjikan kemudahan dimana Anda tak perlu lagi menggunakan power bank atau repot-repot menunggu ponsel di-charge selama berjam-jam. (Source)