Aurel Amalia
Aurel Amalia › Android, Smartphone

on Sunday, 30 August 2015

Keuntungan Smartphone Android tidak di ROOT

Dari sekian keuntungan dari proses rooting android, saya sarankan bagi anda yang tidak ingin mengoprek android anda terlalu dalam jangan root android anda. Rooting android memiliki banyak keuntungan, namun akan menjadi banyak kerugian rooting android apabila anda tidak benar benar paham fungsi dan tujuan anda mengapa ponsel anda harus di root.


Percuma kalau android anda di root tapi anda cuman sekedar ikut-ikutan tanpa ada perubahan sebelum dan setelah root, anda bahkan sudah kehilangan garansi smartphone anda karena rooting.
Saya akan menjelaskan apa saja yang akan anda dapatkan apabila anda tidak melakukan proses rooting pada smartphone anda.

1. Garansi Masih Berlaku


Ini jelas, jika anda tidak root smartphone anda, maka garansi smartphone anda akan tetap berlaku. Hal ini karena anda tidak mengutak - atik smartphone anda, yang nantinya akan membuat service hp kesusahan dalam menangani trouble dari smartphone anda.

2. Anda akan tetap mendapatkan Update


Update adalah hal yang penting yang kadang tidak disadari oleh pengguna smartphone. Dengan adanya update artinya ada pembaharuan baik mulai dari sistem maupun software dan aplikasinya.
Update akan memberikan pembaharuan mengenai system bug, baterai indakator yang salah, memperbaiki sistem yang lama, dan sebagainya. Ada banyak keuntungan update, maka dari itu sering-seringlah update smartphone anda.

3. Memperkecil resiko Bootloop


Banyak sekali smartphone yang mengalami bootloop atau gagal booting karena proses rooting yang tidak tepat atau tidak benar. Apabila terjadi bootloop maka harus diperbaiki bisa ke tukang service kalo parah.

4. Ponsel Akan Terjauh dari Virus


Ponsel anda akan rentan terkena virus apabila sudah di root dan tidak diberi proteksi dengan baik. Jika ponsel tidak di root, maka akan ada update untuk menyempurnakan celah smartphone yang bisa dimasuki virus. Nah, kalau di root, tidak akan dapatkan sistem update lagi, maka dari itu ponsel akan rentan virus apabila menginstal aplikasi tidak terpercaya, browsing yang tidak aman dan sebagainya.

5. Resiko Gagal Rooting

Tidak semua orang yang melakukan rooting sukses dalam root android mereka. Banyak juga yang gagal, dengan gagalnya rooting ini, maka ada beberapa kemungkinan, pertama ponsel berjalan seperti biasanya, yang kedua ponsel akan bekerja seperti biasanya tapi tidak mendapatkan update lagi, karena sistem mendeteksi kesalahan pada smartphone akibat gagal rooting. Selain itu ponsel anda bisa bootloop juga.


Share ke temen-temen ya yang hobby rooting sama yang setia sama smartphone anti root :D