Pratama
Pratama › Android, Smartphone

on Saturday, 1 August 2015

Manual Mode pada ASUS Zenfone 2, rasakan sensasi kamera DSLR

Seri zenfone kedua, yaitu ASUS Zenfone 2 memberikan perbedaan yang cukup signifikan, baik di sisi peningkatan software maupun hardware. Saya sendiri merasakan perbedaan yang sangat signifikan dari ASUS Zenfone series pertama dan kedua ini. Mulai dari Prosesor yang sebelumnya Dual-Core menjadi Quad-Core, RAM yang awalnya 2 GB menjadi 4 GB, serta kamera yang awalnya 8 MP / 2 MP menjadi 13 MP / 5 MP dengan mode yang lebih banyak. Dari beberapa spesifikasi yang disempurnakan, ada satu kelebihan pada ASUS Zenfone 2 yang menarik perhatian saya, yaitu fitur Manual Mode pada kamera smartphone ini.

 ( Source : google.com )
Fitur ini sebelumnya tidak ada pada seri zenfone pertama. Dengan adanya fitur manual mode, membuat smartphone ini nyaris menyerupai kamera DSLR dalam hal kamera. Namun, tidak sepenuhnya seperti DSLR karena kamera smartphone tergolong digital bukan analog. Nah, penasaran apa saja yang terdapat dalam manual mode asus zenfone 2, simak urutannya berikut ini :

1. Shutter Speed

 ( Source : google.com )
Zenfone 2 memberikan anda keleluasaan untuk mengatur shutter speed pada manual mode nya. Dengan mengatur shutter speed, anda bisa menentukan seberapa cepat lensa menutup mengambil gambar. Jika dalam kamera DSLR menu untuk mengatur Shutter speed biasanya dilambangkan pada huruf "S".

2. Eksposure


 ( Source : google.com )
Jika anda penggemar fotografi, anda pasti sudah mengetahui apa itu segitiga eksposure atau Triangle Exposure. Yap, Zenfone 2 dibekali fitur manual mode yang dapat mengubah eksposure gambar, untuk menyesuaikan keadaan sebenarnya. Anda harus tahu bagaimana menyesuaikan warna, dan mengatur hal-hal lainnya yang akan saya sebutkan dibawah ini untuk mendapatkan hasil gambar yang memuaskan seperti yang diharapkan.

3. ISO


( Source : google.com )
Anda tentu tidak asing dengan fitur pengaturan ISO. ISO dapat membantu anda mengambil gambar dalam keadaan minim cahaya dengan kecepatan SS tinggi. Namun, dengan ISO tinggi gambar akan memiliki banyak noise. Penerapan ISO ini sendiri sering digunakan untuk mode Bulb, Fotografi Milkyway, Long Exposure dan sebagainya.

4. White Balance


( Source : google.com )
Anda tentu sangat kesal apabila gambar yang anda ambil dengan kamera tidak sesuai jernihnya dengan apa yang ada dilapangan. Nah, di ASUS Zenfone 2 ini anda bisa mengatur keseimbangan putih agar sesuai dengan apa yang anda lihat. Sangat menarik bukan ?

5. Fokus Manual


( Source : google.com )
Siapa sangka kalau ASUS Zenfone 2 bisa melakukan fokus manual? Tentu saja pada manual mode ASUS Zenfone 2 mampu memfokuskan objek dengan fitur ini. Anda bisa membuat suatu objek terfokus atau landscape dengan mode ini. Sungguh mengesankan !

Namun, dari kelima fitur diatas ada yang kurang yaitu pengaturan Apperture. Nah hal ini yang merupakan kekurangan manual mode di Zenfone 2. Memang, dengan lensa digital yang terpasang fix di smartphone, sulit juga untuk memberikan fungsi mengubah bukaan lensa. Maka ASUS menetapkan Apperture pada F2.0. Tapi tidak masalah, karena ini juga memberikan kelebihan dalam hal foto makro, objek akan bisa terlihat semakin jelas.

Nah, mungkin diatas adalah ulasan saya mengenai Manual Mode pada ASUS Zenfone 2. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan memberikan saran dan masukan mengapa anda membeli ASUS Zenfone 2 dan saya juga setuju dengan semboyan ASUS Zenfone 2 ini yaitu " See What Other Can't See". 

Share juga artikel ini agar bermanfaat bagi yang lain. Jangan lupa share like dan berkomentar ya !