Aurel Amalia
Aurel Amalia › Teknologi

on Saturday, 22 August 2015

Setelah Android dan iOS, Cortana Muncul di Komputer Apple

Rakit Gadget - Setelah hadir di platform Android dan iOS, kini fitur asisten digital besutan Microsoft, Cortana, kabarnya juga telah menyambangi komputer Apple.

Bagi pengguna Mac yang ingin mencicipi fitur Cortana, Parallels selaku salah satu pengembang aplikasi dalam bidang cross-platfrom dilaporkan berhasil membawa Cortana hadir di sistem operasi Mac OS X.
Cortana di Mac OS X (Sumber : engadget.com)

Cara yang digunakan Parallels untuk menghadirkan Cortana di Mac OS X adalah dengan menggunakan fasilitas virtual machine. Tools yang diberi nama "Parallels Desktop 11 for Mac" ini bahkan diklaim mampu menghadirkan sistem operasi Windows 10 secara utuh di komputer Mac.

Sebenarnya, menjalankan sistem operasi Windows secara virtual di komputer Mac bukanlah hal yang baru, namun Parallels menggunakan metode khusus sehingga memungkinkan Cortana aktif tanpa perlu terlebih dulu mengadopsi Windows 10 sepenuhnya.

Menurut yang dilansir laman Engadget, Parallels Desktop 11 for Mac hadir dengan sejumlah peningkatan performa, termasuk meluncurkan dan mematikan sistem operasi lebih cepat 50 persen dibandingkan versi terdahulu. Tak ketinggalan pula disertakan fitur "travel mode" yang dapat menghemat baterai perangkat sampai dengan 25 persen.

Parallels Desktop 11 kini telah tersedia dan dapat diunduh dengan biaya US$80. Untuk pengguna yang telah memiliki Parallels Desktop dua versi sebelumnya dapat melakukan update hanya dengan merogoh kocek sebesar US$ 50.

Parallels juga menghadirkan Parallels 11 for Mac Pro Edition bagi yang ingin menggunakan virtual machine Windows dengan lebih maksimal. Biaya untuk Parallels 11 for Mac Pro Edition dipatok seharga US$ 100 per tahun atau US$50 jika pengguna sebelumnya telah memiliki Parallels 9 atau 10. (Sumber)