Pratama
Pratama › Security, Tips

on Monday, 24 August 2015

Tips Aman Berselancar di Dunia Maya

Rakit Gadget - Baru-baru ini merebak aksi peretasan oleh hacker pada sebuah situs layanan kencan online yang menggegerkan banyak pihak. Banyak pengguna merasa terancam karena informasi yang mereka berikan dapat diakses oleh publik.

Tidak sedikit pengguna layanan tersebut merupakan orang-orang yang sudah berkeluarga, bahkan ada pengguna layanan yang memiliki orientasi seksual berbeda merasa terancam. Mungkin banyak dari pengguna internet belum sadar bahwa internet terkadang tidak seaman yang dibayangkan.

Oleh karena itu, berikut ini tips aman untuk menghadapi hal-hal negatif yang mungkin terjadi di internet, seperti dikutip dari laman The Verge, Minggu (23/8/2015).

1. Asumsikan semua hal yang Anda ucapkan dan lakukan di internet dapat diakses oleh publik.

2. Jangan tergoda oleh pengaturan keamanan dan pribadi. Terkadang semua itu merupakan ilusi sementara untuk mengalihkan perhatian Anda dari poin-poin sebelumnya.

3. Selalu ketahui bahwa konteks dan data Anda terkadang merupakan hal yang sama. Ketika Anda memasukkan data ke internet, selalu asumsikan bahwa Anda juga memasukkan siapa diri Anda, termasuk perangkat yang Anda gunakan. Ketika Anda mengaksesnya, alasan Anda mengunjungi situs itu dapat dilihat dari tujuan situs itu, serta lokasi.

4. Sadari bahwa data transaksi kartu kredit Anda selalu disimpan dalam sebuah buku induk yang begitu besar dan suatu saat dapat diakses untuk dipelajari.

5. Percayalah bahwa data yang Anda hapus tidak benar-benar menghilang saat dihapus.