Aurel Amalia
Aurel Amalia › Internet, News

on Wednesday, 2 September 2015

10 Fakta Menarik Tentang Logo Baru Google

Google baru saja mengganti logonya dengan yang baru. Logo baru ini diperkenalkan selang beberapa minggu setelah perusahaan melakukan re-organisasi dengan mendirikan perusahaan induk baru bernama Alphabet.

Perubahan logo ini merupakan cerminan komitmen Google di era perangkat mobile dan sebagai salah satu cara Google untuk mengekspresikan inovasi di dunia teknologi.

Menurut informasi yang dilansir laman IBN Live, yang dikutip Rabu (2/9/2015), Google terakhir kali mengganti logo pada tahun 2013. Itupun pergantian logonya tak begitu terlihat dibanding logo sebelumnya. Namun di logo baru ini, Google membuat logonya terlihat begitu simpel.
Berikut ini 10 fakta menarik tentang logo terbaru Google.

1. Logo baru ini merupakan logo Google ketujuh, dan keenam sejak mesin pencari Google dibuka untuk umum pada tahun 1998.
2. Ini adalah pertama kalinya Google mengumumkan logo baru lewat doodle di halaman rumah (homepage) Google di seluruh dunia.
3. Logo baru Google mengkombinasikan antara "bentuk geometris dari kemurnian matematis dengan kesederhanaan dari buku belajar menulis seperti yang dipakai anak kecil".

4. Logo baru Google mempertahankan huruf 'e' yang dirotasi, yang juga ada di logo Google sebelumnya. Ini dipertahankan sebagai pengingat bahwa Google akan "selalu menjadi sedikit tidak konvensional".

5. Selain logo baru, Google telah menciptakan jenis huruf (font) San-Serif baru yang disebut Product Sans. Font baru itu akan digunakan pada nama produk-produk Google.

6. Sebelumnya pengguna ponsel yang memiliki bandwidth rendah akan menampilkan versi yang berbeda dari logo Google. Dengan perubahan baru ini, logo yang ditampilkan pada koneksi bandwidth rendah dan tinggi akan seragam.

7. Gambar logo lama Google berukuran 14.000 bytes, sedangkan varian khusus dari logo full-color Google hanya 305 byte.
8. Google "mendorong semangat merah, hijau, dan kuning untuk mempertahankan saturasi dan pop" di logo baru.
9. Perubahan terbaru dari logo Google tahun ini adalah yang terbesar dilakukan sejak tahun 1998. Sebelumnya perubahan logo tidak terlihat begitu mencolok dari pendahulunya.
10. Versi compact dari logo Google digunakan untuk mengidentifikasi sebagian besar aplikasi Google. Google telah meninggalkan icon huruf "g" berwarna biru yang selama ini digunakan. Dan menggantikan versi compact dari logo Google dengan dengan huruf besar "G" warna-warni yang terdiri dari biru, merah, kuning dan hijau. source