Aurel Amalia
Aurel Amalia › Gadget, Teknologi

on Wednesday, 2 September 2015

Menguak `Kode Rahasia` di Android, Untuk Apa?

 Tahukah Anda bahwa hampir semua ponsel memiliki sebuah kode rahasia yang terdiri dari urutan kombinasi angka dan tanda bintang atau pagar untuk mengakses sebuah informasi? Ya, pada dasarnya semua ponsel termasuk smartphone Android memiliki kode rahasia yang bisa diakses untuk melihat informasi penting. Namun, informasi tersebut bertujuan untuk apa?

Menurut informasi yang dilansir laman Phone Arena, Rabu (1/9/2015), informasi itu bertujuan untuk memberikan data personal smartphone Android yang dimiliki penggunanya.

Hanya dengan mengetik kode *#*#4636#*#* di perangkat Android, maka akan terdapat beberapa informasi smartphone, mulai dari nomor IMEI, status jaringan, dan masih banyak lagi.
Dijelaskan, selain pilihan informasi personal, terdapat juga informasi baterai smartphone secara mendetil yang meliputi tegangan, suhu, dan status kesehatan baterai. Selain itu, ada juga informasi penggunaan statistik (statistic usage) dan WiFi Information atau informasi jaringan WiFi.

Untuk penggunaan statistik, nantinya smartphone akan menampilkan data penggunaan seperti aplikasi yang terakhir digunakan dan kapan pengguna membukanya. Sedangkan WiFi Information akan digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jaringan WiFi.

Pun begitu, kode tersebut rupanya tidak bisa diaplikasikan di beberapa perangkat Android. kode ini hanya bisa diakses di beberapa smartphone mulai dari Samsung, HTC, LG, Sony, Motorola, Xiaomi dan Oppo.
Perlu diingat, ketika mengakses kode ini, pengguna diimbau berhati-hati. Sebab, jika tidak sengaja mengubah setting yang ada di informasi tersebut, bisa jadi smartphone tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebagai contoh, ketika mengakses menu phone information lalu menonaktifkan pilihan radio telephone, maka smartphone tidak akan bisa mengirim sms dan menggunakan koneksi data internet. source