Pratama
Pratama › Gadget, News

on Thursday, 3 September 2015

Notebook Pertama Xiaomi Bakal Meluncur Awal 2016

Vendor ponsel raksasa asal Tiongkok, Xiaomi Corp, akan segera meluncurkan notebook pertamanya pada awal 2016, menurut sumber terpercaya, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (3/9/2015).

Kehadiran Xiaomi di bisnis PC akan membuka kompetisi baru untuk melawan pesaing terberatnya, yakni Apple dan Lenovo.

"Kemungkinan notebook Xiaomi itu akan dijual pada kuartal pertama, agar dapat bersaing dengan MacBook Air milik Apple dan ThinkPad Lenovo," ujar sumber tersebut.

Xiaomi bahkan sudah berbicara dengan Samsung Electronics untuk menyuplai komponen memory chip. Tak hanya itu, pembicaraan ini sepertinya berlanjut kerja sama untuk menyuplai komponen display Xiaomi.
Hanya butuh waktu lima tahun setelah didirikan, Xiaomi mengguncang industri smartphone global ke posisi puncak dengan menyediakan perangkat stylish berkomponen premium, namun harganya terjangkau.

Sebetulnya, rencana Xiaomi masuk ke bisnis personal computer (PC) sangat berisiko mengingat pasar PC terus menurun. Ini berpotensi akan menghasilkan biaya tambahan, apalagi untuk menghadang dominasi Lenovo, Apple, dan Hewlett-Packard (HP).

Tapi, sepertinya Xiaomi mencoba mengukir namanya di saat pasar PC mulai jatuh. Menurut riset IDC per Agustus, pengapalan PC di dunia turun 8,7 persen pada 2015, dan diperkirakan tidak akan tumbuh hingga 2017.
Dengan menyuplai vendor smartphone terbesar keempat ini, masuknya Xiaomi ke bisnis PC akan mendongkrak bisnis komponen Samsung. Ini juga pertanda bagus bagi Samsung untuk mengurangi ketergantungan suplai perangkat Galaxy sendiri. source